Setahun bersama Kelas Literasi Ibu Profesional (KLIP)

Sudah dipenghujung 2022. Bulan Desember ini akan saya lalui dengan menapaki final challenge dari Kelas Literasi Ibu Profesional. Yaitu.. merampungkan skripsi ala KLIP yang berupa kumpulan benang merah dari tulisan terekap selama setahun.

Awal muka memberanikan diri ikut KLIP saja saya butuh niat membaja, karena status saat itu bayi masih berusia 4 bulan. Maju mundur banget mau ikutan kelasnya, yang jelas jiper kalau ikut tergulung eliminasi. Kan takut, khawatir malu tapi sejujurnya saya pingin tapi realistis. Sedang tidak bisa berkutik karena pemulihan post partum dan fokus dengan adaptasi menjadi ibu beranak tiga.

Mencoba mengintip sistem kelasnya, bismillah niatnya adalah aktivitasi otot menulis. Mengingat ada project menulis buku Selfcare yang mandeg di tengah jalan karena fokus dengan kehamilan kejutan ketiga ini. Kalau dirasakan ada sekitar 2 tahun niatan itu membeku dan berjalan walau lambat. Alhasil, saya memasang ekspektasi rendah sekali ketika memutuskan ikut KLIP ini. Yang penting menulis aja, saya butuh faktor eksternal dalam porsi sedikit untuk menjadi stressor positif. Jikapun terlibas ditengah jalan, saya bersiap menerimanya, berharap bisa ikut tahun depan. Namun, ternyata saya mampu sampai diujung tahun huhuhu… Saya terharu. Strateginya tiap bulan setor minimal saja, 10-12 tulisan, jumlah katapun juga sesuai level minimal tantangan. Karena yang ingin saya latih, adalah komitmen dan aktivasi otot menulisnya, dan tentu biar tetap sarana selfcare biar waras dengan menulis bebas free writing.

Di kumpulan tulisan KLIP setahun ini, tema temanya sangat beragam. Dari curcolan, sambatan, insight belajar, tema tulisan Selfcare, sampai menu resep ya ada. Dan di Skripsi saya fokus merapikan tulisan yang bertema Selfcare Project. Itupun belum semua masuk dan teredit. Karena waktu yang sangat mepet dan kesempatan yang belum bebas menggarap dengan kondisi anak anak kecil, yang buka laptop aja sangat amat susyaaaah, sesusah melupakan reyhan πŸ˜†

Terimakasih buat KLIP, buat teman pengurus yang sudah menjadi wadah bertumbuh, selfcare dan ritme nya cocok buat saya, walau jujur masih terengah entah buanget. Semoga tahun depan bisa gabung lagi yeaaah. Barokallahufikum. Semangat tinggi garap tulisan lebih bermutu lagi πŸ€—

Leave a comment

Start a Blog at WordPress.com.

Up ↑