Kemah Dakwah Keluarga – Semarak Ramadhan Keluargaku

Alhamdulillah, Allah beri kesempatan untuk bisa menikmati riuh ramai ibadah di Bulan Ramadhan tahun 2022 ini. Setelah siapa saja tentunya berjuang dan bertahan dengan kondisi yang tiada pasti selama masa pandemi. Hal ini sungguh sungguh salah satu bentuk nikmat yang Allah berikan dan patut sangat kami syukuri. Laahaula wala quwwata illah billah.

Memasuki 10 hari terakhir bulan Ramadhan, keluarga kami mengikuti sebuah aktivitas keluarga yang menantang, yaitu mengikuti Kemah Dakwah Keluarga selama 2 hari 1 malam pada tanggal 24-25 April 2022, bertepatan dengan malam 23 Ramadhan. Acara ini diselenggarakan oleh Takmir Masjid K.H. Ahmad Dahlan yang terletak di seberang Terminal Bunder, Kota Gresik. Akses lokasi yang strategis di dan dekat dengan pintu masuk / keluar tol.

Spanduk penyambutan peserta Kemah Dakwah Keluarga

Kegiatan ini adalah agenda perdana outdoor (plus menginap) bagi keluarga kami dalam 2 tahun terakhir, setelah sebelumnya fokus dengan kelahiran anak ketiga dalam situasi pandemi yang sangat tidak ideal beresiko.

Ketika mendapat informasi dari beranda Facebook seorang teman, tak perlu waktu lama untuk berdiskusi dan mengambil keputusan untuk mendaftar di keesokan harinya. Tentu dengan berbagai pertimbangan seperti lokasi masih di dalam kota, sanitasi dan kebersihan fasilitas terjaga. Jika ada kondisi darurat, anak-anak bisa langsung diajak pulang ke rumah. Yah.. bagaimanapun karena ini adalah pengalaman perdana kami berkemah full team 😂🤣, kami menyiapkan berbagai skenario kemungkinan buruk. MasyaAllah, ketika esoknya mendaftar, rupanya slot peserta tinggal 2 keluarga. Hafyuuuh.. Syukurlah. Menurut info, total kuota peserta ada 15 keluarga.

Kemping di pelataran Masjid/📸Pribadi

MasyaAllah wa barokallah, rupanya kuota peserta justru ditambah karena responnya positif sampai luar kota, hingga menurut info sampai 35 keluarga.

Keseruan Kegiatan

Sejak tiba di lokasi dan registrasi, keseruan semakin terasa. Bahkan kehebohan, kehangatan, kebersamaan, dan hikmah sudah kami rasakan perlahan setelah berangkat dari rumah menuju lokasi. Tiba pukul 13.30, kami mendaftar, menata barang, dan diperkenankan memilih tenda. Taraa… tenda dibawah lampu, view kearah masjid dan jalan yang lapang (tidak ada lubang gorong-gorong) menjadi pilihan kami. Setelah itu, anak-anak bersama abi nya berjalan memutari masjid untuk orientasi tempat baru.

Selama 2 hari 1 malam ini, kami disuguhkan dengan agenda agenda berorientasi keluarga. Tentu saja sesuai dengan tajuk tema yang diangkat “Kemah Dakwah Keluarga”. Agenda yang disusun memenuhi kebutuhan manajemen rumah tangga beserta peran peran anggota keluarga. Selain itu Narasumber yang didapuk pun berasal dari kalangan Profesional. Ketika ayah ibu berada di Aula untuk mengikuti kajian keluarga, Anak-anak juga bermain beraktivitas seru dengan tema anak-anak didampingi kakak muda Muhammadiyah. Alhamdulillah, menyenangkan sekali 🥰. Masjid menjadi tempat beraktivitas yang seru.

Kondisi masjid Kyai Ahmad Dahlan ini memang sangat kondusif untuk kemping. Sanitasi masjidnya bersih terawat, mudah diakses, luas dan banyak jumlahnya, termasuk disediakannya untuk sahabat difabel dan ramah lansia. Menurut kami memenuhi standar sanitasi hotel bintang ⭐3. Jumlah totalnya ada 32 kamar mandi. Belum lagi area outdoor yang luas buat parkir dan tempat lari nya anak-anak 👶👧👦. Kamipun sebagai jamaah orang tua menjadi lebih nyaman dan memuliakan jamaah anak-anak. Tidak ada lagi kesan anak-anak dimarahi karena berlarian di area masjid. Mereka bisa lari di arena outdoor namun tetap dalam kawasan masjid. Salut, untuk perencanaan arsitektur nya. Termasuk ada kolam ikan kecil untuk merendam kaki. Ini menjadi bagian favorit dan hiburan seru buat anak-anak. Beruntungnya, persiapan kami membawa ganti baju extra bermanfaat. Anak-anak berulang kali main rendam kaki bahkan sampai ada adegan terpeleset njegur kolam juga🥲🤣.

Di selasar paving, juga tersedia beberapa penjual Ukm binaan. Cukup menambah semarak kemeriahan berbuka puasa di Ramadhan bagi peserta dan jamaah sadar. Eh, kita juga dapat Voucher senilai 20.000 lho tiap keluarga.. MasyaAllah, ini buat happy apalagi anak-anak. 😊.

Tiba waktu berbuka puasa, kami duduk di karpet terpal memanjang didepan tenda kami. Sajian takjil dan makanan dihamparkan. Alhamdulillah, menu berbuka dan sahur juga sudah disediakan oleh panitia. Ini semua kemudahan. Peserta tidak bingung bingung lagi harus mencari kebutuhan berbuka. Usai berbuka, dan kajian malam, kamipun melanjutkan kegiatan Barbeque Islami, kita bebakaran ikan-ikan pesisir. Ada ikan ayam-ayam, kakap merah. Sayangnya, saat itu keluarga kami sedang sibuk sendiri menenangkan anak-anak kami yang agak kegerahan dan sudah rewel mengantuk. Kami menenangkan bayi dan anak-anak di dalam masjid yang lebih dingin berAC sembari lanjut itikaf. Kami ikut menghirup aromanya saja hahaha. Itu sudah menyenangkan💕.

Tiba pukul 02.00-03.30 kami diajak melaksanakan shalat Tahajud berjamaah dan diakhiri dengan sahur. Alhamdulillah malam ini cerah tidak hujan. Pagi harinya sempat hujan rintik sebentar menambah segar udara pagi.

Setelah olahraga dan bebersih diri. Acara kajian keluarga dilanjutkan dengan berbagai tema hingga menjelang sholat Dhuhur. Begitu pula anak-anak, mereka diajak bermain bercerita, membuat Layangan kayu permainan tradisional, Hands On latihan menata kasur, plus ada banyak gift yang diberi selama acara. Dapat mainan mobil Hot Wheels, pensil mainan.. Anak-anak senang sekali.

Rupanya keseruan masih berlanjut, setelah acara penutupan dan menyampaikan kesan pesan. Pihak panitia masih memberikan gift Alquran, sertifikat peserta dan buku ke setiap keluarga. MasyaAllah.

Alhamdulillah

Alhamdulillah

Alhamdulillah

Kemping perdana yang berkesan apalagi disaat Ramadhan bisa sekaligus bisa ber itikaf sekeluarga begini. 😍

Sungguh ada banyak kesan baik yang sebenarnya masih ingin dituliskan, namun ada satu kesan utama yang menarik banget dan patut kamin apresiasi di penyelenggaraan kegiatan ini. Yaitu On Time Value. Sungguh semua acara terlaksana on time, sesuai agenda yang sudah diinfokan. Dari kehadiran narasumber nya, teknis pelaksanaan. Indah sekali ritme kegiatannya. Terasa mindful, tenang dan tidak terburu, seperti mengapa sholat wajib itu ada jadwalnya. Terasa banget bahwa sesungguhnya kesibukan hidup kita itu sebenarnya pengisi di sela sela waktu sholat 5 waktu. Saat adzan berkumandang, semua kegiatan di berhentikan segera seketika.

Dilain sisi, ada saran sedikit saja untuk perbaikan penyelenggaraan selanjutnya. Selain Value On time, mungkin juga bisa menetapkan Value Less Waste. Atau Event minim sampah. Sepanjang acara, agak menyedihkan melihat banyak sekali sampah terkumpul penuh di tempat sampah. Sampah plastik gelas mineral dan wadah panganan. Walau saya juga mengamati bahwa ada petugas kebersihan memungut sampah nya usai tarawih. Namun jumlah nya sangat banyak terkumpul beberapa plastik besar. Saya membayangkan jika sebulan selama Ramadhan, sudah berapa ton menyumbang sampah plastik ini?

Sebagai ide solusi ada baiknya, penyelenggara bisa menyiapkan galon dispenser untuk isi ulang air minum dan air hangat buat peserta. Makan sahur dan berbuka bersistem prasmanan dibantu petugas catering untuk mengambil porsi makan. Peserta juga sudah keren banget bisa dihimbau membawa alat makan dan botol minum sendiri. Hal ini agar tidak menghasilkan sampah plastik wadah kemasan. Air galon hangat juga bisa menjadi bantuan memandikan bagi peserta yang memiliki bayi balita. Atau peserta yang kelaparan akut dimalam hari bisa membuat indomie atau sereal oat hangat 😄.

Momen bermain – berkegiatan dan mengobrol sekeluarga dalam suasana berbeda seperti ini memang sangat diperlukan untuk menambah hangat keharmonisan keluarga. Sebagaimana yang disampaikan Ketua Panitia acara, bapak Kiswanto…

Semoga kegiatan hari ini menambah harmonis didalam keluarga, yang jarang ngobrol jadi ngobrol, yang sibuk kerja setiap minggu jadi sempat main sama anak-anak, sama istri”.

Terimakasih banyak Takmir masjid Kyai Ahmad Dahlan, Bunder Gresik sudah menyelenggarakan acara keren ini. Saluut 👏 Sampai jumpa di Ramadhan mendatang. Dalam kondisi kita semua yang lebih sehat, lebih taat, lebih baik. Aamiin ya robbal alamin.

Leave a comment

Start a Blog at WordPress.com.

Up ↑